Cek Ktp Via Internet

Hai teman-teman blogger kali ini saya akan memposting sebuah artikel yang berisi tentang Cek Ktp Via Internet, Sebelum terlalu jauh membahas topik utama mengenai artikel tersebut ada baik nya kita mengetahui dulu apa pengertian dari KTP itu sendiri dan juga apa syarat utama untuk bisa memiliki KTP serta apa manfaat dari KTP itu sendiri.

Apa itu KTP ?


Cek Ktp Via Internet
Kartu Tanda Penduduk atau disingkat dengan KTP adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang berlaku diseluruh wilayah negara kesatuan republik indonesia. Yang telah memiliki izin tetap tinggal diwilayah indonesia dan minimal telah berusia 17 tahun.

Setelah kita paham mengenai arti dari KTP sekarang muncul sebuah pertanyaan apa saja syarat untuk bisa memiliki sebuah KTP tersebut.

Syarat Memiliki KTP

  1. Telah berusia 17 tahun
  2. Surat pengantar dari RT/RW
  3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotocopy Akta Kelahiran
Setelah membahas apa itu KTP dan syarat untuk memiliki sebuah KTP sekarang kembali ke topik utama dari artikel ini yaitu bagaimana cara cek Ktp itu sendiri jika telah memiliki sebuah KTP

Cek Ktp Via Internet

  1. Sobat harus masuk kedalam situs resmi pembuat KTP yaitu pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) pada alamat dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik

    Cek Ktp Via Internet
  2. Selanjutnya silahkan memasukkan NIK Ktp anda kemudian tunggu beberapa saat hingga data anda diproses dan ditampilkan

Manfaat KTP

  1. Salah satu manfaat terbesar dari Ktp yaitu meminimaliisir terjadinya penduduk ganda warga republik indonesia, karena setiap Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga berbeda.
  2. Mempermudah dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), Pasport atau bahkan pengurusan surat nikah
Dari artikel diatas sebenarnya masih terdapat sekali manfaat yang kita ambil jika kita memiliki sebuah Ktp namun saya lebih meringkas saja agar pembahasan tidak terlalu melebar dari topik utama, namun disini saya sarankan kepada teman - teman yang belum memiliki sebuah Ktp agar sesegera mungkin membuat sebuah Ktp agar lebih mempermudah teman - teman sekalian dalam berurusan yang berhubungan dengan sebuah Ktp. Selain itu juga sebagai warga negara yang baik sebaiknya kita mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah karena tanpa adanya sebuah Ktp sebenarnya kita tidak terdaftar sebagai warga negara indonesia, jadi tunggu apa lagi silahkan teman - teman mendaftarkan diri anda di Dinas Dukcapil daerah dimana tempat sobat bertempat tinggal untuk membuat sebuah Ktp dan biaya pun dijamin 100 % gratis.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cek Ktp Via Internet semoga dapat memberi manfaat dan menambah wawasan bagi sobat dan jangan lupa berikan komentar dan share artikel ini.

32 Responses to "Cek Ktp Via Internet"

  1. Bisa digunakan untuk mendeteksi KTP palsu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tujuannya memang buat itu agar terhindar dari ktp palsu yang banyak beredar:)

      Delete
  2. artikel nya bermanfaat
    saya jadi mudah untuk cek ktp saya

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Hehehe makanya dicoba bro siapa tau nomor ktp ente tidak terdaftar hahah

      Delete
  4. keren baru tau nih ada kayak ginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan sikahkan di coba ya gan semoga dapat membantu untuk mengecek KTP nya

      Delete
  5. Oh, ini agar tidak terjadi penyalahgunaan E-KTP ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar sekali gan atar tidak terjadi penyalahgunaan E-KTP utamanya penggandaan KTP palsu gan

      Delete
  6. makasih infonya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. baru tahu nih.... ternyata bisa dicek via online... jadi KTP palsu mudah dibedakan nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan bisa dicek kok semoga bermanfaat dan makasih sudah berkunjung ya gan

      Delete
  8. saya sempet coba gan,, tp ga muncul.. ntahlah salahnya dimana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba ulang gan mungkin server Dukcapil lagi bermasalah

      Delete
  9. Replies
    1. Iya insya Allah bisa gan, karena ini kan situs resmi dari Dukcapil mas

      Delete
  10. Plogg rasa setelah menunggu begitu lama dan akhirnya KTP pun tak kunjung jadi 😤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa silahkan melapor ke dinas dukcapil mas biar ktp nya bisa cepat selesai

      Delete
  11. Baru tahu nih bagus gan. tampletnya juga sama

    ReplyDelete
  12. wah baru tau saya kalo bisa cek ktp via internet,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan silahkan dicek KTP nya sapatau ktp nya palsu hehe

      Delete
  13. Kalo untuk pembuatan ktp online blum ada ya gan? Biar lebih mudah gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe blum ad gan semoga kedepannya ada haha

      Delete
  14. wah bermanfaat, tapi kyknya blm bisa untuk mngecek nik ktp deh

    ReplyDelete
  15. Makasih gan sudah berkunjung semoga bermanfaat ya gan

    ReplyDelete
  16. Thanks infonya, bermanfaat banget nih kalo mau cek ktp orang yang jadi seller sebelum beli barang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan makasih sudah berkunjung ke blog saya ya gan

      Delete
  17. Apalah daya ktp belum jadi jadi wkwkw, thanks gan infonya bisa ane buat cek ktp temen2 ane,salam kenal juga ya gan ane dri kediri hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo belum memiliki KTP silahkan segera ke Kantor Dukcapil untuk membuat KTP gan tidak di pungut biaya kok, kan aneh jadi WNI tpi tdk terdaftar hehehe.... salam kenal juga saya dari Kendari Sulawesi Tenggara gan. MAKASIH.

      Delete